Harus dicoba! Kunci Sukses Ulangan Akhir Semester yang paling ampuh

kunci sukses ulangan akhir semester

Kunci Sukses Ulangan Akhir Semester - Hidup manusia memang penuh dengan ujian. Bahkan dari mulai lahir sampai sekarang sobat membaca artikel ini pun , admin yakin sobat sedang ada masalah hingga tidak sengaja mampir di blog ini.

Ujian memang kerap menjadi momok bagi sebagian orang yang bisa dikatakan hidupnya penuh "masalah"  Namun perlu sobat ingat.

Siapapun Anda dan dimanapun Anda berada, jangan pernah takut dengan ujian. Karena pada hakikatnya disetiap ujian pasti ada jalan keluar dibaliknya.

Kabeh Ono Dalane

Ya seperti itulah pepatah jawa mengatakan.

Sama halnnya dengan ujian sekolah.

Memasuki bulan Desember, tentu merupakan masa akhir pembelajaran dalam satu semester pada semua jenjang pendidikan di negeri ini. Ditahap inilah, seorang guru ditugaskan untuk menguji kemampuan siswa tentang pelajaran yang telah di terima selama di semester tersebut.

Sukses dalam menghadapi Ulangan Akhir Semester memang harus menjadi tujuan utama sebagai seorang siswa, mengingat dewasa ini nilai diatas kertas menjadi hal utama untuk masuk ke perguruan tinggi.

Menghadapi Ulangan Akhir Semester, tentu kita harus memikirkan strategi yang tepat agar kita bisa sukses mengerjakan semua soal Ulangan Akhir Semester tanpa merasa kesulitan.

Mungkin diantara kita seringkali menerapkan metode menghafal dan kebut semalam dalam belajar. Padahal hal tersebut merupakan metode yang justru tidak akan membuat kita pandai dan meraih nilai yang memuaskan, bahkan malah sebaliknya.

Hayo siapa nih sobat yang menerapkan metode belajar seperti itu?

Namun disini admin tidak menyalahkan sobat yang menerapkan metode pelajaran yang seperti apapun. Karena semuanya tergantung pada diri sobat. Jika memang dengan metode tersebut sobat bisa merasa lebih baik, ya diteruskan saja. Hidup tidak harus terpacu pada kehendak orang lain.

Dan pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan Kunci Sukses menghadapi Ulangan Akhir Semester untuk sobat setia JejakPintar. Yuk simak apa saja kunci suksesnya


6 Kunci Sukses menghadapi Ulangan Akhir Semester


1. Pola pikir yang positif dan sertailah dengan niat yang sungguh-sungguh
   

Manusia bertindak karena adanya dorongan pola pikirnya. Karena itu, pola pikir yang benar sangat dibutuhkan untuk mencapai sesuatu. Tanamkan pola pikir sukses dan fokuslah untuk menggapainya. Jangan pernah loyo dan putus asa, apalagi berpikir bahwa materi ulangan itu sangat sulit dan merasa pesimis tidak bisa mengerjakan.

Terapkanlah pola pikir yang positif, percaya bahwa sobat bisa menguasai materi dan sukses mengerjakan semua soal ulangan. Jika tidak tahu dengan materi yang sedang kamu pelajari, jangan pernah putus asa. Tanyakan pada guru atau temanmu yang bisa.


2. Singkirkan semua hal yang dapat menghambat belajarmu

Banyak hal yang dapat menghambat kegiatan belajar kita, salah satunya yaitu rasa malas. Malas merupakan faktor utama sesesorang akan mengalami kegagalan. Rasa malas inilah yang akan berimbas pada hasil ulangan yang tidak memuaskan.

"Belajarnya nanti saja ah bu. Mau makan dulu, mau mandi dulu, mau ini, mau itu!"

Dan endingnya, bukannya belajar malah bersuka ria main gadget, buka sosmed, main game dan tiduran.

Tidak ada yang dapat menghilangkan rasa malas selain diri kita sendiri. Jadi jika kita mau meraih kesuksesan maka lawanlah rasa malas yang ada pada diri kita. Jika kita mau sukses mengerjakan Ulangan Akhir Semester, maka buang jauh-jauh rasa malas tersebut dan belajarlah dengan sungguh-sungguh.


3. Atur Manajemen waktu yang tepat

Tidak ada orang yang tidak sibuk didunia ini. Apalagi jika sobat merupakan siswa yang aktif berorganisasi di sekolah. Jika memang ada keperluan yang harus diselesaikan , maka belajarlah terlebih dahulu sebelum rasa capek dan kantuk datang. Tapi perlu sobat ingat, manajemen waktu yang baik adalah memiliki waktu belajar yang rutin, bukan hanya belajar saat mau ulangan saja.

Susunlah skala prioritas dan sediakan waktu untuk belajar secara rutin setiap harinya. Memahami materi akan memudahkan kita sendiri, karena saat ujian tiba kita tidak perlu pusing menghafalkan materi namun cukup membaca dan mengulang materi tersebut.


4. Tentukan strategi belajar kalian

Tidak perlu pusing jika kita ingin menentukan startegi bealajar yang paling efektif. Sobat bisa memulai strategi belajar entah itu dengan mengikuti les, belajar kelompok, atau dengan sering bertanya kepada orang yang mahir terhadap materi tersebut.

Tapi bagaimana jika saya tidak les?

Mudah saja, sekarang ini kita telah memasuki era 4.0 yang dimana semuanya serba digital dan canggih. Gunakanlah ponsel kalian untuk mencari bahan-bahan belajar dari berbagai sumber. Mau itu di Youtube, Google atau dengan mendownload aplikasi edukasi. Jadi tidak perlu risau dengan situasi kita yang tidak les ke guru luar.

Memang terkadang belajar dari buku sekolah itu tidak cukup.  Mungkin sering diantara sobat yang tidak menemukan jawaban atas soal yang ada di buku sekolah. Jadi gunakanlah gadget untuk mencari jawaban atas soal tersebut.


5. Banyakin Mengerjakan Latihan soal

Memahami dan mengahafal materi saja merupakan suatu hal yang tidak cukup untuk dapat menguasai suatu materi. Untuk itu, perlu bagi sobat mengerjakan soal-soal latihan dari berbagai sumber sesuai dengan materi yang sobat pelajari. Entah itu mau dari buku paket, handphone, atau dari aplikasi edukasi yang ada di Playstore.

Dengan sering mengerjakan soal-soal latihan inilah yang akan membuat sobat menjadi lebih paham betul dengan suatu materi yang ada. Jangan pernah lelah jika mendapati soal yang sukar, tanyakan pada guru sobat. Dan mulailah kembali dengan soal yang berbeda.


6. Rajin Berdoa dan sembahyang serta minta restu orang tua

Setelah kita berusaha dengan semaksimal mungkin, sekarang tugas kita adalah berdoa dan meminta restu kepada orang tua. Serahkan semuanya pada yang Maha Kuasa.
Berusaha sekuat apapun, jika tidak didasari doa dan restu orang tua maka semua kan sia-sia.


Yaps.. Itulah kunci sukses ulangan akhir semester yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ke teman yang lain agar ilmu sobat juga barokah. Sukses Ulangan Akhir Semester!!

Subscribe Our Newsletter

Previous
Next Post »
avatar
Kecanduan Berbagi Ilmu dan Wawasan

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Cuitan

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel