Dunia bukan perihal dirimu saja! Menghargai pendapat orang lain itu sangat penting!

Menghargai pendapat orang lain

Menghargai pendapat orang lain - Halo sobat JejakPintar, kembali lagi dengan coretan admin yang semoga dapat memberikan manfaat dan wawasan baru untuk sobat sekalian. Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas apa sih pentingnya menghargai pendapat orang lain itu?

Oke langsung saja, simak terus ya..

Mengalahkan sifat egoisme merupakan suatu bentuk sikap belajar toleran terhadap pendapat orang lain. Ditengah kemajemukan hidup, sikap toleransi yaitu mau mendengar dan menerima pendapat orang lain kemudian mempertimbangkannya secara cermat merupakan suatu komponen penting untuk menyongsong kehidupan yang aman, nyaman, dan juga tentram.

Manakala pendapat orang lain itu lebih tepat, benar, dan mendasar, sementara pendapat kita sendiri tidak demikian, maka hendaklah mengakui dan menerimanya dengan kebesaran hati. Apalagi pendapat tersebut didukung dengan fakta dan bukti yang kuat, sehingga tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menerima argumentasi tersebut. Disinilah dibutuhkan kearifan dan kebesaran jiwa.

Ukuran pergaulan hidup antar sesama manusia bukanlah diukur dari siapa yang kuat dialah yang paling benar dan siapa yang paling berpengaruh omongannya dialah yang layak untuk didengar. Bukan, sama sekali bukan demikian. Anak kecil yang berkata benar saja pendapatnya perlu didengar, seperti yang dikatakan orang bijak, "Salah satu bentuk penghormatan yang paling tulus sebenarnya adalah mendengarkan apa yang dikatakan orang lain."

Jadi perkataan yang baik dan benar hendaklah diakui dengan benar, sekalipun kebenaran itu relatif sifatnya namun kebesaran jiwa sangat diperlukan untuk mengakuinya.

Jika kamu ingin dihargai maka hargailah orang lain pula. Jangan suka menuntut tanpa mau dimengerti. Jikalau ada orang yang berpendapat dengan ngaco dan salah, cobalah untuk tenang dan mendengarkannya, dan jika diperlukan berikanlah dia masukan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Dunia ini bukanlah tentang diri saya dan kamu pribadi, namun hidup ini adalah tentang cara menghargai antar sesama demi keberlangsungan kemajemukan hidup yang aman.

Jadi, mulai sekarang bukalah diri untuk lebih mendewasakan diri dengan mau menerima dan mendengar pendapat orang lain, karena sesuatu yang bernilai positif akan memberikan nilai plus sendiri pada hidup kita. Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan 6 poin plus jika kita dapat menghargai pendapat orang lain. Yuk simak berikut ini!


Manfaat Menghargai Pendapat Orang Lain


1. Memperoleh wawasan baru

Manfaat Menghargai Pendapat Orang Lain 1

Benarkah menghargai pendapat orang lain dapat memperoleh wawasan baru? Tentu saja iya, karena kita mendengarkan saran serta penjelasan yang diberikan orang lain. Dengan mendengarkan penjelasan orang lain tentu akan mengembangkan pola pikir kita menjadi lebih berkembang.

Asumsi-asumsi yang mereka berikan tentunya memiliki alasan. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh langsung menolak pendapat yang dilontarkan orang lain. Dengarkanlah penjelasannya, karena dari penjelasan tersebut akan memberikan wawasan baru.

2. Mempertahankan silaturahmi atau tali persaudaraan

Manfaat Menghargai Pendapat Orang Lain 2

Dalam menjalankan sebuah perdiskusian atau perundingan, pasti adakalanya pendapat yang berbeda menyulutkan amarah. Amarah tersebut janganlah dituruti, jika amarah tersebut dituruti akan menimbulkan perselisihan dan dendam. Itu sangatlah merugikan. Perbedaan yang ada harus disikapi dengan hal yang wajar.

Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap menghargai terhadap pendapat orang lain. Jika kita menghargai pendapat orang lain akan mempertahankan dan memperkuat tali persaudaraan.

3. Terbentuknya jiwa solidaritas yang tinggi

Manfaat Menghargai Pendapat Orang Lain 3

Tidak bisa dipungkiri, rasa solidaritas, semangat persatuan, dan jiwa korsa semua terbentuk karena sikap saling menghargai antar sesama. Bila sobat pernah tergabung dalam sebuah organisasi, tentu sobat paham akan maksud diatas.

Dengan menjadi pribadi yang selalu menghargai pendapat orang lain, rasa persatuan didalam organisasi tentu akan terjalin dengan baik.

4. Mendapatkan banyak teman

Manfaat Menghargai Pendapat Orang Lain 4

Beragam perilaku yang kita lakukan setiap hari, akan berpengaruh besar terhadap lingkungan dan hubungan kita dengan orang lain. Sikap saling menghargai disini merupakan sikap yang baik dan positif.

Dengan sikap seperti ini, sudah pasti akan berdampak baik bagi diri kita. Sehingga kita akan menjadi pribadi yang disukai banyak orang.

5. Terlihat lebih bijak dan dewasa

Manfaat Menghargai Pendapat Orang Lain 5

Sikap menghargai pendapat orang lain serta mau mendengarkan apa yang diutarakan orang lain tentu akan memunculkan aura baik didalam diri kita. Ya, kita akan nampak lebih dewasa dan bijaksana jika kita mampu mencermati setiap asumsi seseorang dengan penuh kehati-hatian dan juga baik. Percaya atau tidak, ini sering terjadi pada diri seseorang.

Kewibawaan bisa didapat dengan banyak cara dan salah satunya adalah dengan cara menghargai pendapat orang lain.

6. Akan dihargai banyak orang

Manfaat Menghargai Pendapat Orang Lain 6

Ada hukum sebab akibat disini, dimana jika anda menghargai orang lain, anda pun akan dihargai orang lain. Jika kita berbuat baik kepada orang lain suatu hari perbuatan kita pun akan dibalas orang lain. Bukan begitu sobat?

Tentu sudah jelas disini, dengan menghargai pendapat orang lain maka kita secara tidak sadar menumbuhkan sebuah aset, dimana kita akan saling mendapatkan kepercayaan antar sesama manusia.


Bagaimana sobat? Ternyata banyak sekali ya manfaat jika kita dapat menghargai pendapat orang lain? Selain dapat memberikan nilai positif pada diri kita sendiri, kita pun dapat memberikan value kepada orang-orang yang di sekitar kita.

Semoga bermanfaat ya buat sobat sekalian, jangan lupa untuk dishare ke teman-temannya yang lain ya..

Tulisan ini merupakan hasil kolaborasi dengan blog Sirepson selaku partner blog. Sobat juga dapat menemukan artikel serupa di blog tersebut dengan judul "Nikmat Saling Menghargai Pendapat"

Subscribe Our Newsletter

Previous
Next Post »
avatar
Kecanduan Berbagi Ilmu dan Wawasan

Related Posts

Buka Komentar
Tutup Komentar

6 Cuitan

  1. Sangat membantu. Semangat kak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak. Terima kasih sudah mampir di blog kami:)

      Delete
  2. Alhamdulillah
    Terimakasih kak sudah dicerahkan;)
    Semoga bermanfaat bagi kita semua
    Ditunggu motivasi selanjutnya kak😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak, sama sama ya kak. Semoga tulisan admin kali ini benar2 mampu memberikan wawasan baru semuanya. Terima kasih sudah mampir di blog kami😊

      Delete
  3. template nya bagus bang di jual engga??

    ReplyDelete
  4. Mas template nya bisa saya minta

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel